Artikel

Sabtu, 30 November 2019


Penerapan Green Computing Dalam Isu Penerapan Daring



      Penerapan Green computing memiliki beberapa cara  seperti konsolidasi infrastruktur, penggunaan daya keseluruhan yang lebih rendah, dan pemanfaatan sistem yang lebih optimal untuk melakukan berbagai pola kerja. Ini juga termasuk merangkul dan mengadopsi bahan berbasis industri-industri terkemuka yang memiliki masalah dengan dampak pada lingkungan yang hijau. Solusi pada jaringan menurunkan overhead CPU dan meningkatkan pemanfaatan sistem, dengan demikian dampak langsungnya yang dapat dirasakan adalah menurunya tagihan listrik. Contoh pengaplikasian komputasi hijau yang lain adaah penggunaan CPU dan komputer server yang hemat energi.
Green Computing yang juga bertujuan untuk mencapai kelayakan ekonomi melakukan pengembangan-pengembangan terhadap praktik produksi ramah lingkungan , komputer hemat energi dan peningkatan prosedur pembuangan serta daur ulang.
Untuk mempromosikan konsep green computing,maka ada empat pendekatan yang dilakukan :
1. Green use : Meminimalkan konsumsi listrik perangkat komputer dalam cara yang ramah lingkungan.
2. Green disposal  : membuat kembali komputer yang sudah ada atau mendaur ulang perangkat elektronik yang tidak digunakan.
3. Green design : Merancang komputer yang hemat energi , server , printer, proyektor dan perangkat   digital lainnya.
4. Green Manufactur : Meminimalkan limbah selama proses pembuatan komputer dan mengurangi dampaknya terhadap lingkungan.

Manfaat Green Computing
1.      Menghemat daya dan Hemat listrik
2.      Terhindar dari Krisis listrik berlanjut
3.      memperpanjang usia perangkat computer
4.      membutuhkan sedikit hardware
5.      mengurangi emisi karbondioksida
6.      Penghematan kertas
7.      Memelihara Lingkungan agar menjadi lebih baik
8.      Ramah lingkungan


 Oleh karena itu Green Computing digunakan untuk memaksimalkan efisiensi energi dan meningkatkan daur ulang produk dan limbah pabrik dalam penerapannya pada kehidupan sehari hari. Green Computing berfokus pada membuat teknologi yang membantu pelestarian alam dan meminimalkan efek buruk pekembangan teknologi.
Green Computing adalah pendekatan ramah lingkungan dengan komputasi modern, fokus utama Green Computing yaitu mengurangi dampak lingkungan dari proses industri dan teknologi yang disebabkan oleh penduduk bumi serta solusi untuk memanfaatkan sumber daya komputer secara efisien seperti mengurangi kerusakan yang terjadi di alam dengan cara membuat produk daur ulang, mengurangi proses polusi, memberikan alternatif untuk teknologi tertentu dan lainnya.

HUBUNGAN GREEN COMPUTING DENGAN DARING DI INDONESIA

Reformasi 1998 di Indonesia dan perkembangan dunia media online (daring) semakin lama semakin berkembang pesat, serta semakin bertambah banyak yang hadir media online (daring).
Media daring (online) hadir ditengah masyarakat Indonesia sebagai salah satu bentuk komunikasi efektif pada khalayak luas, untuk mempermudah dalam pelayanan publik dan mengubah pola komunikasi manusia yang tadinya tatap muka kini beralih melalui media daring (online).
Hal ini hadirnya media online (daring) di Indonesia telah mengubah pola hidup masyarakat dalam menjalankan kehidupan sehari hari begitu pula juga di dunia pendidikan.
Media online (daring) sebagai pelengkap jarak jauh menjadi dekat, pola komunikasinya nya berubah antara penyampaian materi, pembelajaran antara murid dengan guru, mahasiswa/i dengan dosennya bisa belajar melalui media online (daring) karena hadirnya media online (daring) lebih mudah, efisien dan efektif, waktu, dll.

Pembelajaran melalui tatap muka yang dilakukan oleh guru ataupun dosen hanya 2 kali pertemuan selebihnya menggunakan media online (Daring) seperti E-Learning yang telah banyak membantu pembelajaran, materi dll yang dilakukan oleh dosen dan pola pendidikan daring bisa dilakukan ke dalam sekolah-sekolah SD, SLTP, SLTA di seluruh pelosok negeri Indonesia yang lebih mudah,efisien, hemat waktu, belajarnya cukup melalui komputer, laptop dll yang lebih efisien dan efektif di rumah atau dimana saja dalam belajarnya.

Salah satu contohnya pendidikan daring sudah dilakukan adalah ruang guru, ruangguru adalah perusahaan teknologi terbesar dan terlengkap di Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan dan telah memiliki lebih dari 6 juta pengguna serta telah mengelola lebih dari 150.000 guru yang menawarkan jasa di lebih dari 100 bidang pelajaran.

Perusahaan ini didirikan sejak tahun 2014 oleh Belva Devara dan Iman Usman, yang keduanya berhasil masuk dalam jajaran pengusaha sukses dibawah 30 tahun melalui Forbes 30 under 30 untuk teknologi konsumen di Asia.

Ruangguru juga percaya bahwa teknologi dapat membantu siswa, guru, dan orang tua untuk menjalankan aktivitasnya menjadi lebih efektif dan efisien. Untuk itu, kami bertekad untuk terus mengembangkan layanan-layanan lainnya serta berkolaborasi dengan berbagai pihak guna mencapai tujuan ini.

Hadirnya ruangguru bisa dicontoh sekolah sekolah lain yang menggunakan sistem daring (online) di Indonesia untuk efektifitas dan efisien dalam pembelajaran,memberikan materi dalam belajar, memberikan tugas, belajar jarak jauh tapi mendekat yang lebih mudah dan hemat waktu karena Indonesia itu negara yang sangat luas sekali, untuk kesekolah saja mesti  jalan kaki berkilometer, Pendidikaan daring (online) lah sebuah terobosan baru untuk sekolah-sekolah yang membantu kehidupan masyarakat luas untuk belajar jarak jauh menjandi dekat tanpa perlu kesekolah-sekolah.cukup buka komputer atau pc atau hp belajar bisa dilakukan melalui rumah bisa dimulai pada saat pagi hari lebih mudah, efisien, dan hemat waktu segalanya.

Kalau kesekolah hanya untuk tatap muka atau mengambil hasil laporan pembelajaran dan selebihnya belajar di sekolah-sekolah melalui online (daring di pelosok seluruh negeri Indonesia.

Universitas sudah dilakukan pembelajaran pendidikan daring yaitu e-learning yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa/i kini bisa dilakukan ke sekolah-sekolah lainnya dan bahkan suatu saat nanti ada namanya ruang dosen daring yang lebih mudah,efisien dan hemat segalanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar