Artikel

Sabtu, 28 September 2019

Pengertian Green Computing


Green Computing adalah pendekatan ramah lingkungan dengan komputasi modern, fokus utama Green Computing yaitu mengurangi dampak lingkungan dari proses industri dan teknologi yang disebabkan oleh penduduk bumi serta solusi untuk memanfaatkan sumber daya komputer secara efisien seperti mengurangi kerusakan yang terjadi di alam dengan cara membuat produk daur ulang, mengurangi proses polusi, memberikan alternatif untuk teknologi tertentu dan lainnya.


Penerapan Green Computing
Penerapan Green computing memiliki beberapa cara , seperti konsolidasi infrastruktur, penggunaan daya keseluruhan yang lebih rendah, dan pemanfaatan sistem yang lebih optimal untuk melakukan berbagai pola kerja. Ini juga termasuk merangkul dan mengadopsi bahan berbasis industri-industri terkemuka yang memiliki masalah dengan dampak pada lingkungan yang hijau. Solusi pada jaringan menurunkan overhead CPU dan meningkatkan pemanfaatan sistem, dengan demikian dampak langsungnya yang dapat dirasakan adalah menurunya tagihan listrik. Contoh pengaplikasian komputasi hijau yang lain adaah penggunaan CPU dan komputer server yang hemat energi.
Green Computing yang juga bertujuan untuk mencapai kelayakan ekonomi melakukan pengembangan-pengembangan terhadap praktik produksi ramah lingkungan , komputer hemat energi dan peningkatan prosedur pembuangan serta daur ulang.
- Untuk mempromosikan konsep green computing,maka ada empat pendekatan yang dilakukan :
1.     Green use : Meminimalkan konsumsi listrik perangkat komputer dalam cara yang ramah lingkungan.
2.     Green disposal  : membuat kembali komputer yang sudah ada atau mendaur ulang perangkat elektronik yang tidak digunakan.
3.     Green design : Merancang komputer yang hemat energi , server , printer, proyektor dan perangkat digital lainnya.
4.     Green Manufactur : Meminimalkan limbah selama proses pembuatan komputer dan mengurangi dampaknya terhadap lingkungan.

Manfaat Green Computing
1.      Menghemat daya dan Hemat listrik
2.      Terhindar dari Krisis listrik berlanjut
3.      memperpanjang usia perangkat computer
4.      membutuhkan sedikit hardware
5.      mengurangi emisi karbondioksida
6.      Penghematan kertas
7.      Memelihara Lingkungan agar menjadi lebih baik
8.      Ramah lingkungan


 Oleh karena itu Green Computing digunakan untuk memaksimalkan efisiensi energi dan meningkatkan daur ulang produk dan limbah pabrik dalam penerapannya pada kehidupan sehari hari. Green Computing berfokus pada membuat teknologi yang membantu pelestarian alam dan meminimalkan efek buruk pekembangan teknologi.
Green Computing adalah pendekatan ramah lingkungan dengan komputasi modern, fokus utama Green Computing yaitu mengurangi dampak lingkungan dari proses industri dan teknologi yang disebabkan oleh penduduk bumi serta solusi untuk memanfaatkan sumber daya komputer secara efisien seperti mengurangi kerusakan yang terjadi di alam dengan cara membuat produk daur ulang, mengurangi proses polusi, memberikan alternatif untuk teknologi tertentu dan lainnya.

Ruang Lingkup
Penetapan ruang lingkup Green computing pada penelitian ini adalah mengenai:
1.      Sejarah Green computing
2.      Perbandingan hardware
3.      Contoh penerapan Green Computing dalam kehidupan sehari hari
Tujuan dan Manfaat
Berdasarkan pembahasan pada latar belakang, maka dapat ditentukan tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui perkembangan green computing yang ada di Indonesia.
Tujuan dari paper ini ialah :
1.      Memberi pengetahuan tentang pentingnya green computing.
2.      Memberi contoh tentang Green Computing di kehidupan sehari hari.
Manfaat dari paper ini ialah :
1.      Dapat menerapkan green computing.   
2.      Menghemat sumber daya


Beberapa kegiatan atau aktivitas yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari untuk Go Green dalam bidang IT, dapat dilakuan sebagai berikut:

E-Waste
e-waste merupakan pembuangan sampah elektronik yang sudah tidak terpakai, maka ada beberapa cara dalam pembuangan sampah elektronik agar nantinya tidak dapat menghasilkan limbah yang dapat merusak lingkungan, berikut beberapa cara dalam pembuangan limbah elektronik:
Penghancuran alat-alat elektronik komputer sampai menjadi partikel-partikel kecil
Penghancuran Hardware tidak dengan dibakar, karena asap hasil pembakaran akan mengakibatkan polusi udara dan dapat menipiskan lapisan Ozon
Didalam perangkat-perangkat Hardware pada komputer terdapat zat-zat kimia yang jika dibakar akan menimbulkan polusi udara, dan tentu saja dapat mengganggu pernafasan manusia.

E-recycle
Merupakan sebuah kegiatan yang bertujuan untuk mendaur ulang alat alat elektronik komputer yang sudah tidak terpakai, sehingga dengan adanya daur ulang seperti ini akan menghemat pembelian hardware-hardware yang baru. Dan tentu saja dengan adanya hardware yang rusak, nantinya kita akan bisa mengambil bagian-bagian dari hardware tersebut yang masih dapat digunakan, untuk di pasang pada hardware lain yang membutuhkan , untuk mengurangi biaya pembelian hardware.

Virtualization
Virtualization merupakan sebuah teknik yang digunakan untuk menyembunyikan karakteristik fisik dari sumber daya komputer termasuk membuat sebuah sumber daya tunggal (seperti server,sistem operasi,aplikasi, atau peralatan penyimpanan) dengan tujuan untuk menghemat pemakaian energi serta sumber daya komputer.


Contoh GREEN COMPUTING pada kehidupan sehari hari 

1. Menggunakan mode tidur atau hibernasi ketika tidak menggunakan komputer dalam jangka waktu yang lama.
2.  Menggunakan monitor layar datar atau LCD, bukan monitor tabung sinar katoda konvensional CRT.
3.  Membeli komputer notebook hemat energi, bukan komputer desktop.
4.  Mengaktifkan fitur manajemen daya untuk kendali konsumsi energi.
5.  Mematikan komputer pada akhir penggunaan.
6.  Mengisi ulang cartridge printer, bukan membeli lagi yang baru.
7.  Memperbaiki perangkat yang ada, bukan langsung mengganti dengan komputer baru.
8.  Gunakan metode tanpa kertas untuk berkomunikasi
9.  Gunakan komputer yang memenuhi persyaratan energy star
1.  Pilih mematikan monitor daripada menggunakan screen saver
1.  Gunakan power saving setting pada laptop
1.  Kurangi penggunaan backlight

1.  Matikan bluetooth dan wifi ketika tidak digunakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar